Rendering

20.40 0 Comments

Rendering adalah proses dari membangun gambar dari sebuah model (atau model yang secara kolektif dapat disebut sebuah file adegan), melalui program komputer. 

Sebuah file adegan terdiri dari objek-objek dalam sebuah bahasa atau data struktur, bisa berupa geometri, sudut pandang, tekstur, pencahayaan, dan informasi bayangan sebagai sebuah deskripsi dari adegan virtual. 

Data yang terisi dalam file adegan kemudian melewati program rendering untuk diproses dan menjadi output untuk sebuah gambar digital atau file gambar raster graphics. 

Walaupun detil-detil teknikal dalam metode rendering bervariasi, tantangan umumnya dalam memproduksi sebuah gambar dua dimensi dari gambar tiga dimensi disimpan dalam sebuah file adegan yang sudah menjadi kerangka sebagai graphics pipeline sepanjang sebuah peralatan rendering, seperti GPU. 

GPU adalah peralatan yang dibangun dengan tujuan untuk mempermudah CPU dalam mempertunjukan kalkulasi yang kompleks.Jika sebuah adegan harus kelihatan relatif nyata dan terprediksi dibawah cahaya virtual, software renderingnya harus memecahkan persamaan rendering.

Persamaan rendering tidak menghitung semua fenomena pencahayaan, tetapi hanya model pencahayaan umum untuk gambar komputer yang di kembangkan. Rendering juga digunakan untuk mendeskripsikan proses dari mengkalkulasikan efek-efek dalam sebuah file video editing. 
Rendering juga digunakan untuk mendeskripsikan proses dari efek-efek kalkulasi dalam sebuah file video editing untuk memproduksi output final video.


 Metode Rendering

       Metode rendering yang paling sederhana dalam grafika 3D :

    -Wireframe rendering
  •    Wireframe yaitu Objek 3D dideskripsikan sebagai objek tanpa permukaan. Pada wireframe rendering, sebuah objek dibentuk hanya terlihat garis-garis yang menggambarkan sisi-sisi edges dari sebuah objek. Metode ini dapat dilakukan oleh sebuah komputer dengan sangat cepat, hanya kelemahannya adalah tidak adanya permukaan, sehingga sebuah objek terlihat tranparent. Sehingga sering terjadi kesalahpahaman antara siss depan dan sisi belakang dari sebuah objek.
-Hidden Line Rendering
  •       Metode ini menggunakan fakta bahwa dalam sebuah objek, terdapat permukaan yang tidak terlihat atau permukaan yang tertutup oleh permukaan lainnya. Dengan metode ini, sebuah objek masih direpresentasikan dengan garis-garis yang mewakili sisi dari objek, tapi beberapa garis tidak terlihat karena adanya permukaan yang menghalanginya. Metode ini lebih lambat dari dari wireframe rendering, tapi masih dikatakan relatif cepat. Kelemahan metode ini adalah tidak terlihatnya karakteristik permukaan dari objek tersebut, seperti warna, kilauan (shininess), tekstur, pencahayaan, dll.

-  Shaded Rendering
  •   Pada metode ini, komputer diharuskan untuk melakukan berbagai perhitungan baik
  •   pencahayaan,karakteristik permukaan, shadow casting, dll. Metode ini menghasilkan
  •   citra yang sangat realistik, tetapi kelemahannya adalah lama waktu rendering yang
  •   dibutuhkan.  



http://id.wikipedia.org/wiki/Rendering

syaffiera wiraputri

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: