3 Langkah Menyebarkan Word of Mouth Untuk Bisnis Anda

10.28 0 Comments



Pada masa sebelum media sosial dan internet booming, tidaklah mudah untuk mengetahui pendapat pelanggan Anda terahadap perusahaan Anda, dan tidaklah mudah untuk mendorong orang-orang untuk menyebarkan kehebatan produk Anda dari mulut ke mulut.

Tapi di masa sekarang, ketika Anda dapat terhubung kepada pelanggan Anda secara online, Anda tidak lagi sekedar berbicara kepada mereka, tapi Anda sekarang telah berbicara dengan mereka. Dan pada masa ini hal-hal menarik terjadi. Pelanggan Anda mulai dengan sukarela membicarakan kehebatan produk yang Anda miliki dari mulut ke mulut, menyebarkannya dengan cepat melalui Facebook, Twitter, dan situs-situs review.

Dalam jaringan sosial, berita yang tersebar dari mulut ke mulut menjadi arahan baru untuk keluarga, teman, dan jaringan yang dimiliki pelanggan Anda yang mungkin akan mengantarkan mereka ke pintu bisnis Anda.

Siklus engagement dengan customer memiliki tiga bagian, yaitu:

Pengalaman / experience
Ketertarikan
Keterikatan
Ini dimulai setelah Anda menarik calon pelanggan atau klien untuk bisnis Anda. Contact point dapat terjadi pada lokasi fisik, website, halaman facebook, dan di manapun yang bisa memungkinkan terjadinya percakapan bisnis.

Meskipun terkesan sederhana, langkah-langkah yang bisa Anda lakukan adalah:

Langkah 1 :Berikan pengalaman yang luar biasa

Sebagai perusahan dalam skala kecil atau menengah, Anda memiliki beberapa keuntungan: Anda dapat menciptakan hubungan yang personal dengan pelanggan Anda dengan menyediakan hal-hal yang luar biasa. Bagaimana? Coba pertimbangkan hal-hal berikut:

Pabrik - Melakukan produksi kecil untuk klien khusus pada akhir pekan untuk membantu memenuhi pesanan pelanggan yang mendadak.
Konsultasi praktek - Mengirimkan klien hadiah-hadiah kecil, seperti cookie atau kartu sekali-sekali sebagai ucapan terima kasih setelah berbisnis dengan mereka.
Bank - Penawaran biskuit untuk anjing pelanggan di jendela driver-up mobil
Toko ritel - Secara pribadi memberikan barang dalam situasi khusus, seperti sakit, kelahiran, atau kematian anggota keluarga.
Langkah 2 : Usahakan untuk tetap berhubungan

Ketika Anda menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa, pelanggan Anda akan lebih bersedia untuk tetap berhubungan dengan Anda. Anda tidak dapat menjaga pengalaman hebat itu tetap hidup jika Anda tidak memiliki cara untuk tetap berhubungan. Anda dapat meminta orang untuk me’Like Facebook Page Anda, mem-follow Anda di Twitter atau berlangganan newsletter Anda, sebagai beberapa contoh. Untuk membuat orang merasa nyaman berhubungan dengan Anda—menyukai, mengikuti, bergabung, berlangganan—-akan sangat membantu untuk memiliki daya tarik yang kuat, seperti preview konten Anda, hadiah atau penawaran. Beberapa daya tarik yang meyenangkan termasuk di dalamnya:

Informasi gratis - Laporan, newsletter, tips ahli, kelas jarak jauh, ceklist dan kartu nilai (scorecard) adalah insentif besar yang menarik orang untuk tetap berhubungan.
Acara spesial - Lembaga non-profit atau asosiasi dapat mengundang orang-orang untuk acara khusus member, seperti acara bisnis dengan ruang ritel atau kantor.
Kartu ulang tahun - Anda dapat menawarkan diskon untuk orang-orang pada bulan ulang tahun mereka sebagai ganti dari informasi mengenai mereka.
Diskon - Untuk menarik orang-orang untuk berhubungan dengan sms atau email, pertimbangkan untuk menawarkan diskon atau kupon spesial.

Stage 3 : Libatkan orang

Sekarang saat Anda telah menyampaikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan telah menarik orang untuk terus berhubungan, inilah saatnya untuk menghidupkan hubungan tersebut dengan melibatkan orang. Pelibatan berarti membagi konten yang menginspirasi fans Anda, pengikut, pelanggan email, pembaca bloh, dan kontak online lainnya untuk berinteraksi dengan Anda.

Menciptakan konten yang mengikat orang biasanya terbatas dalam imajinasi Anda. Apakah audiens Anda adalah seorang pebisnis juga, pelanggan, atau bahkan pendonor. Berikut ini ada 5 tipe umum dari konten yang bisa Anda gunakan untuk dapat terhubung dengan pelanggan Anda.

Pertanyaan dan jawaban – Tipe konten yang paling mudah untuk diciptakan, Anda hanya perlu memberikan pertanyaan, menyediakan jawaban dan bertanya kepada followers tentang pendapat mereka. Hubungkan pertanyaan Anda ke arah industri yang spesifik dan berinteraksilah denan follower Anda
Berbagi informasi - Dengan konten jenis ini, Anda bisa membagikan pengetahuan tentang topik yang relevan dengan bisnis yang Anda jalankan. Konten yang Anda sajikan dapat berupa konten orijinal dari postingan blog, studi kasus, infografik dan sejenisnya, atau Anda juga dapat membagikan konten orang lain seperti berita, artikel atau postingan blog orang lain. Atau bisa juga Anda melakukan postingan dari pendapat para ahli
Diskusi – Diskusi merupakan langkah yang baik untuk membuat orang-orang berpartisipasi. Metode yang digunakan dalam diskusi ini biasanya dengan menyambung kalimat yang belum lengkap. Dengan begini semua orang akan diajak untuk berdiskusi dan mengeluarkan pendapat mereka.
Events - Workshop atau kelas training, seminar, konfrensi, open house, trade shows, demonstrasi, apapun jenisnya, Anda dapat menciptakannya.
Mengembangkan ketiga hal ini dapat menjaga pelanggan dan klien Anda tetap terhubung dengan bisnis Anda, serta meningkatkan penjualan. Tapi keuntungan yang paling besar adalah dukungan yang dilakukan pelanggan Anda dengan mempublikasikan produk Anda dari mulut ke mulut, sehingga dapat membawa pelanggan baru ke dalam bisnis Anda.


Sumber :

http://jarvis-store.com/artikel/3-langkah-menyebarkan-word-of-mouth-untuk-bisnis-anda

syaffiera wiraputri

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: