Teknologi Dibalik Black Box

10.38 0 Comments





Namanya kotak hitam (black box). Tapi sebaliknya warnanya justru ngejreng, oranye.  Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan. Ketika terjadi kecelakaan pesawat, kotak hitam  menjadi benda yang paling dicari untuk mencari tahu penyebab celaka.




Kotak hitam atau black box adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi sebagai perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang. Fungsi dari kotak hitam sendiri adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dan air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.Alat perekam dalam penerbangan ini, Flight Data Recorder (FDR) atau Cockpit Voice Recorder (CVR), umumnya menggunakan pita perekam selayaknya kaset pada tape recorder. Namun serkarang ini dengan berkembangnya teknologi FDR atapun CVR dapat merekam menggunakan chip memory khusus.




Penempatan kotak hitam ini juga dilakukan sedemikian rupa sehingga mudah ditemukan. Umumnya terdapat dua unit kotak hitam yang diletakkan pada bagian depan pesawat dan bagian ekor pesawat, yang diyakini pada kedua bagian ini merupakan bagian yang paling utuh saat ditemukan. Black Box itu sendiri tahan terhadap suhu yang tinggi sampai 1.100 C. Crash Survivable Memory Unit (CSMU) berisi papan memori dikelilingi oleh isolasi termal baju besi dan baja yang dapat menahan dampak kecelakaan ribuan kali gaya gravitasi dan bertahan di laut pada kedalaman 14.000 - 20.000 kaki (4,270 m-6.096 m). Selain itu untuk memudahkan pencarian posisi (terutama pencarian di bawah air) atau black box pesawat, dilengkapi pula underwater locator beacon yang kerjanya adalah terus-menerus memancarkan perekam ultrasonik dan Sinyal dapat mencapai permukaan dari kedalaman 14.000 ft. Desain modern kotak hitam diatur oleh sebuah kelompok yang disebut International Civil Aviation Organization (ICAO).


sumber:
 http://blogqyta.blogspot.com/2009/10/apa-itu-black-box-label-pengetahuan.html
 http://id.wikipedia.org/wiki/Kotak_hitam
 http://news.bbcimg.co.uk/media/images/73710000/jpg/_73710977_flight_data_recorder_464in.jpg
 http://news.detik.com/read/2015/01/01/162636/2791915/10/begini-cara-mengangkat-black-box-airasia-qz8501-dari-dasar-laut

syaffiera wiraputri

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: