Analisa Website : Samsung

19.31 0 Comments



Isi Textual

Tujuan dari website ini adalah memberikan informasi dan menjual produk yang mereka buat. Pada halaman awal website terdapat slider yang berisi gambar produk terbaru dan gambar tersebut terpaut pada halaman tentang produk tersebut.

Header berisi navigasi menu untuk produk, bisnis, konten & layanan, layanan, dan promosi. Dalam menu tersebut terdapat sub – sub menu lainnya yang lebih spesifik. Pada halaman awal terdapat banyak gambar yang bertautan dengan halaman lain. Gambar tersebut berisi tentang produk baru, produk andalan, promo, media sosial dari samsung, dan ada pula kolom produk yang disarankan untuk pengguna.

Bagi para pengguna yang ingin membeli setelah melihat informasi dari website tersebut terdapat lokasi pembelian yang disarankan melalui website tersebut. Halaman awal website tersebut sangat informatif bagi para pengguna yang ingin menggunakan website itu.

Tidak terlalu banyak konteks teks untuk menjelaskan produk di halaman awal. Hanya terdapat beberapa kata saja yang isinya mendeskripsikan produk tersebut dan teknologinya.



Desain Grafis

- Metafora



Untuk menunjukan produknya website ini menunjukan gambar dari produk tersebut lalu dibawahnya terdapat nama dari produk.

- Clarity



Halaman dari website tersebut seperti mengusung tema simpel hanya dengan gambar yang berisi produk dan pejelasan sedikit. Pada halaman lain terdapat white space yang tidak sedikit sehingga mata enak memandang.


- Consistency



Penggunaan warna biru pada hampir seluruh bagian dalam website tersebut adalah bukti konsistensinya sesuai dengan warna logo samsung sendiri. Bentuk dari templatenya juga konsisten dengan menu header dan footer yang selalu ada di setiap halaman website.

- Aligment



Seperti dapat dilihat pada gambar diatas pada website tersebut menggunakan rata kiri pada penulisan keterangan gambarnya.


- Proximity



Ikon ataupun keterangan yang berhubungan pada produk diletakan dalam satu area untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi.


Navigasi



Navigasi yang terletak pada header ini selalu ada pada setiap halaman di website itu. Navigasi menu juga terdapat dropdown menu untuk menunjukan halaman yang lebih spesifik dari menu tersebut. Kelima menu diatas adalah fitur – fitur utama yang disediakan oleh website tersebut.


Struktur



Struktur pada website tersebut bisa dilihat dari gambar diatas. Pada menu produk terdapat sub menu dari kategori produk, kemudian dari kategori produk tersebut terdapat sub menu lagi untuk menuju produk yang spesifik.

Link

Link yang ada pada website tersebut berfungsi dengan baik. Tidak ada yang menuju ke halaman error atau broken link. Terdapat berbagai macam jenis link seperti image link, text link, dan navigation link.


Kesimpulan

Website ini sangat memperhatikan struktur dan kenyaman bagi penggunanya. Tujuan dari website ini sudah terpenuhi dengan tampilan pengguna yang mudah digunakan dan sangat informatif.

syaffiera wiraputri

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: